Panduan Pembuatan Paspor Umroh (Bagian 2)

Assalamualaikum jamaah, kali ini kita akan membahas secara lengkap dan tuntas tentang proses pembuatan paspor dengan aplikasi M-Paspor. Untuk jamaah ketahui bahwa seluruh permohonan untuk membuat paspor wajib menggunakan aplikasi ini, namun dikecualikan bagi masyarakat berkebutuhan khusus (disabilitas), lanjut usia (lansia) diatas 60 tahun, Ibu Hamil dan Balita dibawah 5 Tahun, maka dapat langsung datang keKantor Imigrasi tanpa harus daftar antrian online terlebih dahulu.

Baiklah Jamaah, sebelum melakukan pendaftaran untuk membuat paspor, maka jamaah wajib memastikan bahwa seluruh persyaratan sudah lengkap, yaitu persyaratan yang telah kami bahas pada artikel sebelumnya yaitu ๐Ÿ‘‡

Panduan Pembuatan Paspor Umroh (Bagian 1)

jika seluruh persyaratan sudah lengkap, maka kita akan melakukan pendaftaran melalui aplikasi M-Paspor.

Aplikasi M-Paspor merupakan bentuk baru dari Aplikasi Pendaftaran Antrean Paspor Online (APAPO) yang mulai dioperasikan pada 27/01/2022 diseluruh indonesia, dengan aplikasi ini kita akan melakukan pendaftaran no antrian, meng-uploud berkas dan juga sekaligus melalukan pembayaran, adapun biaya yang harus di keluarkan untuk pengurusan paspor adalah sebagai berikut:

Daftar biaya resmi dokumen perjalanan RI berdasarkan PP No. 28 tahun 2019, yaitu:

  • Paspor biasa 48 halaman: Rp350.000 per permohonan
  • Paspor biasa elektronik (e-paspor) 48 halaman: Rp650.000 per permohonan
  • Surat Perjalanan Laksana Paspor untuk WNI: Rp100.000 per permohonan
  • Surat Perjalanan Laksana Paspor untuk orang asing: Rp150.000 per permohonan
  • Layanan Percepatan Paspor Selesai pada Hari yang Sama: Rp1.000.000 pe permohonan.

Baiklah, sekarang kami akan memperlihatkan cara menggunakan aplikasi M-Paspor.

Pertama sekali jamaah haruslah memiliki e-mail, salanjutnya jamaah dapat men-download aplikasi M-Paspor di handphone melalui aplikasi Play Store maupun App Store, seperti inilah penampakannya:

Setelah men-download aplikasi tersebut, maka jamaah harus melakukan pendaftaran, dengan meng-klik tulisan tebal “Daftar Akun” di pojok kanan bawah, seperti gambar dibawah:

Setelah jamaah mengisi seluruh kolom pendaftaran akun dan menyetujui syarat dan ketentuan, selanjutnya menekan tombol “Daftar” maka aplikasi akan mengirimkan kode Verifikasi ke email jamaah sekalian, selanjutnya kode tersebut dimasukkan kedalam kolom yang telah disediakan pada aplikasi, setelah itu aplikasi sudah dapat digunakan. Berikut contoh kode verifikasi yang di maksud:

Sekarang klik lah tombol “pengajuan permohonan” Selanjutnya pilih “permohonan paspor reguler“seperti gambar dibawah:

Kemudian akan muncul pesan peringatan, setelah selesai dibaca lalu tekan “Lanjutkan” kemudian muncul kuesioner seperti gambar dibawah, lalu pilihlah salah-satu opsinya.

Kemudian jamaah akan diminta untuk meng-upload KTP asli dan mengisi nama pemohon, tanggal lahir dan NIK, lalu klik tombol “Lanjutkan” seperti gambar dibawah:

Selanjutnya jamaah akan diminta mengisi serangkaian kuesioner. Apabila sudah selesai mengisi kuesioner tersebut maka klik “Lanjutkan” seperti gambar dibawah:

Selanjutnya jamaah akan diminta meng-upload berkas asli KK, Buku nikah/Ijazah/akta kelahiran dan surat rekomendasi dari kemenag, setelah berhasil di-upload maka klik “Lanjutkan” seperti gambar berikut:

Selanjutnya jamaah kembali diminta mengisi kuesioner, setelah selesai maka klik tombol “Lanjutkan” seperti gambar berikut:

Setelah selesai mengisi kuesioner diatas, maka pendaftaran telah selesai. Selanjutnya klik tombol “Lanjutkan” jika jamaah ingin mendaftarkan orang lain maka klik tombol “Tambah Pemohon +“seperti gambar dibawah, 1 akun M-Paspor dapat mendaftarkan 10 orang pemohon.

Selanjutnya jamaah menentukan lokasi pengambilan paspor, yaitu kantor imigrasi yang jamaah pilih, lalu klik tombol “Pilih Kantor” seperti gambar dibawah:

Selanjutnya jamaah menentukan tanggal dan waktu kedatangan, setelah selesai maka klik “Oke” seperti gambar dibawah:

Setelah pengajuan permohonan sukses, maka aplikasi akan mengirimkan tagihan biaya pembuatan paspor dengan mengirimkan kode billing ke e-mail jamaah sekalian, seperti gambar berikut:

Selanjutnya bayarlah tagihan Paspor tersebut. Untuk cara membayar tagihan paspor silahkan klik artikel berikut ๐Ÿ‘‡

CARA BAYAR PASPOR

Setelah dibayar maka akan muncul pesan seperti gambar bawah ini pada aplikasi M-Paspor anda.

Selanjutnya jemaah dapat men-download dan mencetak bukti pendaftaran M-Paspor untuk ditunjukkan kepada petugas kantor imigrasi saat datang pada hari yang telah ditentukan dengan membawa berkas asli.

Datanglah ke kantor imigrasi yang telah jamaah pilih pada hari dan waktu yang telah di tetapkan, ambillan no antrian dan tunggu dipanggil, setelah dipanggil, petugas akan memeriksa seluruh berkas asli, setelah berkas dinyatakan lengkap maka jamaah akan di wawancara.

Wawancara diperlukan untuk mengetahui alasan dan rencana penggunaan paspor. Karena, paspor adalah dokumen milik negara yang dipinjamkan kepada jamaah, jadi petugas imigrasi perlu tahu paspornya akan digunakan untuk apa.

Selanjutnya Pengambilan data biometrik berupa sidik jari dan foto diri diperlukan untuk mengisi data dalam paspor jamaah.

Paspor selesai 3 hari kerja setelah proses foto dan wawancara, bawalah bukti pendaftaran paspor dan tunjukkan pada petugas saat akan mengambil paspor.

Khusus untuk jamah travel umroh azzamKU, dalam pengurusan paspor umroh ini, akan selalu kami pantau dan jika berada dalam jangkauan kami, akan kami dampingi hingga paspor jamaah selesai, atau jika jamaah sedang berhalangan, maka akan kami bantu untuk melakukan proses pendaftaran pada aplikasi M-Paspor. Jadi sangat mudah bukan?

Bagi Jamaah yang ingin bertanya langsung tentang pembuatan paspor umroh atau ingin bertanya tentang paket-paket umroh azzamKU silahkan hubungi no dibawah ini atau klik poster โ€œPROMO UMROHโ€œ dibawah.

Demikianlah artikel ini kami susun, semoga dapat dipahami dengan baik dan bermanfaat bagi jamaah semua, jika ada yang mau di tanyakan jangan sungkan menghubungi kami, Semoga dengan hadirnya layanan M-Paspor ini dapat memberikan kemudahan dalam pengurusan paspor umroh, pantauan kami di kantor imigrasi pekanbaru, semenjak layanan ini diberlakukan, proses pembuatan paspor menjadi kondusif, tidak berdesakan seperti dulu, tidak ada antrian panjang, tidak ada “calo”, pelayanan petugas juga sangat ramah.

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.