Panduan Pembuatan Paspor Umroh (Bagian 1)

Assalamualaikum Jamaah, pada artikel ini kami akan menjelaskan secara rinci, dari awal hingga akhir, tentang persyaratan dan cara pembuatan paspor untuk keperluan umroh. Baiklah, Mari kita simak.

Syarat membuat paspor untuk umroh

Bagi yang sudah pernah punya paspor,

Berikut adalah syarat yang harus disiapkan untuk membuat paspor umrah, bagi jemaah yang sudah pernah memiliki paspor:

  • Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP)
  • Paspor lama
  • Surat keterangan Kementerian Agama (Kemenag)

Bagi yang belum pernah punya paspor, Berikut adalah syarat yang harus disiapkan untuk membuat paspor umrah, bagi jemaah yang belum pernah memiliki paspor:

  • Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP)
  • Kartu Keluarga
  • Akta kelahiran/ijazah/buku nikah
  • Surat keterangan Kemenag. 

catatan: sebelum mendaftar melalui aplikasi M-Paspor jamaah harus pastikan bahwa berkas adalah Asli dan data pada masing-masing berkas harus seragam ya jamaah.., seperti nama, tempat dan tanggal lahir dan jenis kelamin, jika ada perbedaan data atara masing-masing berkas maka sebaiknya jamaah langsung mendatangi kantor imigrasi terdekat, selanjutnya petugas akan mengarahkan jamaah untuk melengkapi beberapa berkas tambahan atau prosedur lain yang dibutuhkan.

Persyaratan Suku Kata Pada Nama Jamaah Umroh

Dalam Undang-Undang RI Nomor 34 Tahun 2009 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2009 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomer 13 Tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji.

Dalam peraturan tersebut, dijelaskan bahwa nama dalam paspor untuk umroh minimal dua suku kata dan maksimal empat suku kata, Jika nama asli tak sampai dua suku kata, maka bisa ditambahkan dengan nama ayah atau kakek.

Adapun prosedur untuk menambah suku kata pada nama jamaah adalah dengan mengajukan permohonan penambahan nama. Permohonan ini diajukan oleh travel umroh yang jamaah pilih kepada kantor kementrian agama kabupaten/kota sesuai alamat KTP jamaah.

Berikut contoh surat permohonan menambahan nama

contoh surat permohonan menambahan nama

Surat Keterangan Kementrian Agama (KEMENAG)

Khusus untuk calon jemaah umroh, maka harus melampirkan surat rekomendasi umroh dari Kementerian Agama pada kabupaten/Kota sesuai KTP jamaah. Adapun tujuan dari surat keterangan kemenag ini adalah untuk memfilter pemohon paspor yang benar-benar akan melaksanakan umroh atau hanya sekedar modus untuk bekerja di arab saudi secara non-prosedural atau bahkan untuk melakukan tindak kejahatan perdagangan orang. Jadi surat rekomendasi ini sangat penting jamaah!!!

Menurut Achmad Nur Saleh (Subkoordinator Humas Ditjen Imigrasi)“Umroh sering digunakan sebagai modus operandi, baik untuk bekerja di luar negeri secara nonprosedural ataupun tindak pidana perdagangan orang. Surat rekomendasi umroh membantu memfilter pemohon paspor yang benar-benar akan melaksanakan umroh. Ini bentuk dari pengawasan keimigrasian dalam penerbitan paspor juga perlindungan terhadap WNI.” https://www.imigrasi.go.id/

Berikut contoh surat rekomendasi dari kementrian agama/KEMENAG

contoh surat rekomendasi dari kementrian agama/KEMENAG

Untuk menerbitkan surat rekomendasi dari KEMENAG maka jamaah harus datang langsung ke kantor kemenag di kabupaten/kota sesuai KTP jamaah, kemudian mengisi formulir pendaftaran dan melampirkan berkas-berkas seperti berikut:

  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi KK
  • Surat keterangan dari Travel Umroh (PPIU/PIHK)*
  • SK izin operasional Travel Umroh (PPIU/PIHK)
  • Asli surat kuasa kepada Travel Umroh (PPIU/PIHK) apabila diwakilkan
  • Fotokopi bukti setoran awal BPIH (Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji) bagi jamaah haji khusus

*Berikut Contoh surat keterangan dari travel umroh

Contoh surat keterangan dari travel umroh

Untuk diketahui bahwa proses penerbitan surat rekomendasi dari kementrian agama ini, insya allah tidaklah lama jamaah..,pengalaman kami, pengurusan surat rekomendasi ini hanya memakan waktu kurang lebih 1 jam saja, selama pejabat yg berwenang untuk menandatangani surat rekomendasi tersebut sedang berada ditempat, alias sedang tidak berada diluar kantor, jadi jamaah tidak perlu khawatir.

Khusus untuk jamah travel umroh azzamKU, dalam pengurusan surat rekomendasi KEMENAG ini, akan selalu kami pantau dan jika berada dalam jangkauan kami, akan kami dampingi hingga surat rekomendasi ini selesai, atau jika jamaah sedang berhalangan, maka bisa dikuasakan kepada kami. Jadi sangat mudah bukan?

Selanjutnya untuk PANDUAN MUDAH daftar paspor melalui Aplikasi M-Paspor. Kami bahas pada artikel dibawah ini, silahkan klik 👇

Panduan Pembuatan Paspor Umroh (bagian-2)

Bagi Jamaah yang ingin bertanya langsung tentang pembuatan paspor umroh atau ingin bertanya tentang paket-paket umroh azzamKU silahkan hubungi no dibawah ini atau klik poster PROMO UMROH dibawah👇

Semoga artikel ini mudah dipahami dan bermanfaat untuk jamaah sekalian dan semoga allah mudahkan segala urusan kita untuk dapat berangkat umroh dan haji ketanah suci, amin.

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.