Meninggal Saat Umroh Dikota Mekah Dimakamkan Dimana?

umroh riau 2023, paket umroh 2023 pekanbaru riau, biaya umroh 2023 pekanbaru riau, biaya umroh 2024 pekanbaru riau, travel umroh terbaik pekanbaru riau

Sahabat Umroh Pekanbaru Riau dan Sekitarnya, terdapat dalil yang sangat agung tentang keutamaan meninggal saat sedang melakukan ibadah haji dan umroh dikota mekah, diantara dalil yang ada adalah orang yang meninggal ketika sedang melakukan haji dan umrah akan mendapatkan pahalanya sampai hari kiamat. Perhatikan hadits berikut:

من خرج حاجا فمات كتب له أجر الحاج إلى يوم القيامة ومن خرج معتمرا فمات كتب له أجر المعتمر إلى يوم القيامة ومن خرج غازيا فمات كتب له أجر الغازي إلى يوم القيامة

Barangsiapa keluar untuk berhaji lalu meninggal dunia, maka dituliskan untuknya pahala haji hingga hari kiamat. Barangsiapa keluar untuk umrah lalu meninggal dunia, maka ditulis untuknya pahala umrah hingga hari kiamat. Dan barangsiapa keluar untuk berjihad lalu mati maka ditulis untuknya pahala jihad hingga hari kiamat.” [HR Abu Ya’la. lihat Shahih At Targhib 1114]
Sumber: https://muslim.or.id/50575-bercita-cita-meninggal-di-tanah-suci.html

Namun taukah anda dimana pemakaman jamaah haji dan umroh jika meninggal di kota mekah? berikut jawabannya:

Pemakaman Ma’la atau Jannatul Mu’alla

Jannatul Mu’alla terbentang di bukit Jabal As-Sayyidah, perkampungan Al-Hujun yang letaknya hanya berjarak sekitar 1,1 kilometer dari Masjidil Haram, Kota Mekah. Tepatnya, di kawasan Dahlatul Jin tak jauh dari Masjid Jin.

Kompleks  Jannatul Mu’alla ukurannya tak sebesar Al Baqi di Madinah. Area pemakaman itu dibatasi oleh dinding batu putih yang mengelilinginya, di Jannatul Mu’alla, terdapat makam beberapa tokoh penting dalam sejarah Islam, termasuk Khadijah binti Khuwailid, istri pertama Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, Abu Talib bin Abdul Muttalib, pamannya Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam dan Aminah binti Wahab, ibunda Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Selain itu, Jannatul Mu’alla juga terdapat makam-makam para sahabat Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam dan ulama-ulama besar Islam seperti Imam Malik bin Anas, yang merupakan imam Mazhab Maliki, salah satu dari empat mazhab dalam fiqih Islam.

Pemakaman Soraya

Pemakaman Soraya berlokasi di pinggiran Kota Mekah, jaraknya sekitar 4 kilometer ke arah Masjid Ja’ronah. Pemakaman ini memiliki tempat yang cukup luas. Jemaah haji yang dimakamkan di Soraya tidak diberi nisan dengan tulisan nama jenazah yang dimakamkan, namun hanya berupa bongkahan batu untuk penanda.

referensi: https://dunia.tempo.co/read/1603425/3-pemakaman-jemaah-haji-yang-meninggal-di-mekah-dan-madinah#:~:text=Makam%20Soraya&text=Soraya%20berlokasi%20di%20pinggiran%20Kota,namun%20hanya%20berupa%20bongkahan%20batu.

https://ihram.republika.co.id/berita/q8s0bh430/mengenal-pemakaman-mala-di-kota-makkah

  • Anda mencari paket umroh di pekanbaru riau yang memenuhi semua kebutuhan anda?
  • Anda mencari informasi biaya paket umroh di pekanbaru riau yang sesuai dengan budget anda? silahkan klik gambar dibawah.

Artikel yang Direkomendasikan