Jangan Salah, Inilah Penampakan Kuliner Resmi Arab Saudi

Komisi Seni Kuliner Arab Saudi telah menetapkan kuliner dari masing-masing daerahnya melalui komite khusus bersama dengan penilaian yang paralel dengan pemerintah daerah masing-masing.

Kuliner khusus di setiap daerah tersebut dipilih sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh Inisiatif Narasi Hidangan Nasional dan Regional Arab Saudi, yang dinilai sebagai nilai budaya dan warisan, serta sejarah hidangan tersebut.

Hal ini bertujuan untuk mencerminkan geografi daerah dan budaya kulinernya, serta kontribusi sajian ini dalam menunjang perekonomian masyarakat setempat.

Al-Margaouq sebagai hidangan daerah untuk wilayah Riyadh

Saleeg terpilih sebagai hidangan daerah untuk wilayah Makkah

Nasi Madini merupakan hidangan khas wilayah Madinah

Al-Mulayhiya terpilih sebagai masakan untuk Wilayah Perbatasan Utara

Al-Bukayla dipilih sebagai hidangan daerah untuk wilayah Al-Jouf

Roti Muqana untuk wilayah Al-Baha

Keubaibat Hail untuk wilayah Hail

Al-Ruqsh untuk wilayah Najran, yang merupakan hidangan populer yang terbuat dari gandum

Al-Kleja terpilih sebagai kuliner khas dari wilayah Al-Qassim

Nasi Hassawi mewakili makanan khas Provinsi Timur

Al-Maghsh merupakan menu khas untuk wilayah Jazan, yaitu daging yang diolah dalam panci batu, diasinkan, dan direndam dalam air

Al-Sayadiah merupakan hidangan wilayah Tabuk

Al-Haneeth untuk wilayah Asir

Komite tersebut juga menyatakan bahwa jareesh sebagai hidangan nasional Saudi dan maqshush sebagai hidangan penutup (dessert) nasional pada Januari 2023.

Inisiatif ini bertujuan untuk merayakan budaya seni kuliner Saudi, berinvestasi pada nilai simbolisnya, dan mendokumentasikan berbagai resepnya.

Penetapan makanan khas setiap daerah ini juga bertujuan untuk lebih mengenalkannya di kalangan masyarakat umum dari berbagai kalangan, baik lokal maupun internasional, serta untuk melestarikannya sebagai salah satu warisan budaya berbagai wilayah Arab Saudi.

Komisi ini telah memperluas cakupan inisiatifnya hingga mencakup berbagai wilayah, mendefinisikan setiap wilayah menurut tingkat wilayahnya untuk merayakan keragaman seni kuliner dan meningkatkan kehadirannya dalam kehidupan kontemporer.

Hal ini memperhitungkan dampak ekonomi yang ditimbulkan dengan melakukan investasi pada hidangan dan bahan-bahannya, memperdagangkannya, dan menyajikannya di berbagai gerai perhotelan kepada khalayak lokal dan internasional.

Patut dicatat bahwa masakan tradisional Arab Saudi mempertahankan umur panjang dan warisannya, yang telah dilestarikan oleh generasi baru dari nenek moyang mereka.

Secara umum, Arab Saudi terkenal dengan banyak masakan populer karena setiap daerah memiliki masakan yang membedakannya dengan makanan antara satu daerah dengan daerah lainnya.

Sumber: SG, saudinesia.id

  • Anda mencari paket umroh yang memenuhi semua kebutuhan anda?
  • Anda mencari informasi biaya paket umroh yang sesuai dengan budget anda? silahkan Hubungi atau klik gambar dibawah.

Artikel yang Direkomendasikan